Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

TAMARANINGTYAS, OKA (2019) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (88Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Oka Tamaraningtyas. K7114125. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Perkalian (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media flashcard pada siswa kelas II SD Negeri Karangasem II Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan 31 siswa kelas II salah satu SD di Kota Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan klasikal mengalami peningkatan mulai dari 16,06% pada pratindakan, menjadi 24,19% pada siklus I, meningkat kembali menjadi 75,81% pada siklus II, dan meningkat kembali menjadi 90,32% pada siklus III. Masih terdapat 9,68% (2 siswa) yang masih memperoleh nilai <75 dikarenakan siswa tersebut lamban dan kesulitan menghitung. Sebagai tindak lanjut kedua siswa tersebut akan diberikan bimbingan lebih lanjut dari guru. Penilaian aktivitas siswa dan penilaian kinerja guru juga mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan berhitung perkalian pada siswa kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), Flashcard, keterampilan berhitung, perkalian ABSTRACT Oka Tamaraningtyas. K7114125.The Implementation of Team Assisted Individualization (TAI) Learning Model assisted by Flashcard to Improve multiplication counting skills (Classroom Action Research of The Student in Grade II of State Primary School Karangasem II Surakarta in the Academic Year of 2017/2018). Skripsi. Surakarta: Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, October 2018. The purpose of this research is to improve multiplication counting skills by applying Team Assisted Individualization learning model assisted by Flashcard in the second grade students of an State Elementary School in Surakarta city at the academic year 2017/2018. The research is an action classroom research which was run for three cycles. Each cycle consisted of four phases, there were planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of this research are the teacher and the 31 students in Grade II of State Primary School Karangasem II Surakarta in the Academic Year of 2017/2018. The data collection techniques were used observation, interview, test, and documentation. The data analysis technique was used interactive analysis. The data validation techniques were used content validity, source triangulation, and techique triangulation. The results showed the classical completeness has increased, from 16,06% in pretest, 24,19% on cycle I, 75,81% on cycle II, and then 90.32% on cycle III. However, 9,68% (3 students) still earned the score <75 due to their constraint in Mathematic especially in numeracy skill. As a follow up, they were given a more guidance by the teacher. The result of the assessment of study activity and teacher performance appraisal also increase. The conclusion above is Team Assisted Individualization learning model assisted by flashcard were able to improve multiplication counting skills for students in Grade II of State Primary School Karangasem II Surakarta in the Academic Year of 2017/2018. Key Word : Team Assisted Individualization (TAI) learning model, Flashcard, multiplication counting skills.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 09:51
    Last Modified: 23 Jan 2019 09:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43155

    Actions (login required)

    View Item