PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK DAN BENTUK BENDA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banmati 01 Kecamatan Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018)

YANI, YANI (2019) PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK DAN BENTUK BENDA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banmati 01 Kecamatan Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yani. K7114189. PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGARUH GAYA TERHADAP GERAK DAN BENTUK BENDA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banmati 01 Kecamatan Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep materi pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda melalui penerapan metode Outdoor Learningpada siswa kelas IV SD Negeri Banmati 01 tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Kegiatan pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penlitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Banmati 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes,dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulagi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis interaktif yang terdiri atas empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan metode Outdoor Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk bendapada siswa kelas IV SDN Banmati 01. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai pemahaman konsep pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda yaitu pada kondisi awal nila rata-rata kelas adalah 62,66 dengan presentase ketuntasan klasikal 40%,pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,6 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 60%, kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas semakin meningkat menjadi 80,2 dan presentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88%. Kata kunci: pemahaman konsep pengaruh gaya terhadap gerak dan bentuk benda, Outdoor Learning ABSTRACT Yani. K7114189. IMPLEMENTATION OF OUTDOOR LEARNING METHODS TO IMPROVE THE UNDERSTANDING OF THE CONCEPT OF THE INFLUENCE OF FORCE ON THE MOTION AND SHAPE (Classroom Action Research on 4th Grade Students of State Elementary School of Banmati 01 Sukoharjo Sub-District of Academic Year 2017/2018). Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, Surakarta, November 2018. The purpose of this researchis to improve the understanding of the concept of the influence of force on the motion and shape of objects through the application of Outdoor Learning methods in the fourth grade of students an SD Negeri Banmati 01 academic year 2017/2018. This form of research is an classroom action research. This research was run for two cycles, each cycle was held in 2 meetings. Activities at each cycle consisted of planning, acting, observing, and reflecting. The subjects of this research are teacher and fourth grade of SDN Banmati 01. Tha data collection techniques in this study include interview, observation, test, and documentation. Data validity tests are using triangulagi source and triangulation technique. Data analysis techniques used are interactive analysis consisting of four stages of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study is through the application of Outdoor Learning methods can improve the understanding of the concept of the influence of force on the motion and shape of objects in the fourth grade of students an SDN Banmati 01. This is evidenced by the increasing value of understanding the concept of the influence of force on the motion and shape of objects that is on the initial condition of average the average grade is 62.66 with the percentage of classical completeness 40%, in the first cycle the grade average value increased to 73.6 with the percentage of classical completeness of 60%, then in cycle II the average grade value increased to 80.2 and the percentage of classical completeness increased to 88%. Keywords: understanding the concept of the influence of force on the motion and shape of objects, Outdoor Learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 23 Jan 2019 09:47
    Last Modified: 23 Jan 2019 09:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43154

    Actions (login required)

    View Item