Pengembangan E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018

ISTUNINGSIH, WAHYU (2019) Pengembangan E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (182Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) pengembangan E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E, (2) keefektifan hasil pengembangan produk E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu model pengembangan Borg & Gall yang meliputi sepuluh tahapan, yaitu: (1) research & information collection; (2) planning, (3) development preliminary form of product; (4) preliminary field testing; (5) operational product revision; (6) main field testing; (7) main product revision; (8) operating testing; (9) final product; dan (10) desemination and implementation. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA di Kabupaten Karanganyar. Sampel penelitian yang digunakan adalah peserta didik SMA Negeri 1 Karanganyar, SMA Negeri 2 Karanganyar, dan SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan pengambilan sampel melalui proposionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dengan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui kelayakan pengembangan E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E, sedangkan untuk mengetahui keefektifan hasil pengembangan produk E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA di Kabupaten Karanganyar dilakukan dengan menggunakan analisis statistik inferensial melalui Uji T test (Independent Sample T Test). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa pengembangan media E-Module Ekonomi berbasis Learning Cycle 7E dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran karena telah memenuhi kriteria berdasarkan rekapitulasi penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan persentase sebesar 95,07% yang termasuk kriteria sangat baik, sedangkan rekapitulasi penilaian dari praktisi diperoleh presentase sebesar 96,67%, maka secara keseluruhan penilaian ahli dan praktisi diperoleh persentase sebesar 95,87%. Selain itu, hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa hasil pengembangan produk media E-Module Ekonomi Berbasis Learning Cycle 7E dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA di Kabupaten Karanganyar berdasarkan Uji-t yang telah dilakukan dengan (Independent Sample T-Test) data N-Gain yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretest-posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 15:29
    Last Modified: 16 Jan 2019 15:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43148

    Actions (login required)

    View Item