Hubungan Kompetensi Kognitif Perpajakan dan Akuntansi Perpajakan dengan Minat Kerja Perpajakan pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta

Rahmawati, Rofika (2019) Hubungan Kompetensi Kognitif Perpajakan dan Akuntansi Perpajakan dengan Minat Kerja Perpajakan pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (149Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan kompetensi kognitif perpajakan dengan minat kerja di bidang perpajakan, 2) hubungan kompetensi kognitif akuntansi perpajakan dengan minat kerja di bidang perpajakan dan 3) hubungan kompetensi kognitif perpajakan dan akuntansi perpajakan dengan minat kerja di bidang perpajakan secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UNS angkatan tahun 2014 dan 2015 sebanyak 108 mahasiswa. Sampel yang terpilih dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling yaitu sebanyak 85 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 0,05 data yang diolah dengan bantuan program pengolahan data SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan minat kerja di bidang perpajakan dengan kompetensi kognitif perpajakan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000 (p < 0,05). Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan minat kerja di bidang perpajakan dengan kompetensi kognitif akuntansi perpajakan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,001 (p < 0,05). Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan minat kerja di bidang perpajakan dengan kompetensi kognitif perpajakan dan akuntansi perpajakan secara bersama-sama. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji F 0,000 (p < 0,05). Kata Kunci: kompetensi, kognitif, minat kerja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 15:29
    Last Modified: 16 Jan 2019 15:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43144

    Actions (login required)

    View Item