Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi Di Universitas Sebelas Maret Surakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Sarjana Tahun Angkatan 2014)

Fierda, Nur Lailatul (2019) Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi Di Universitas Sebelas Maret Surakarta (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Sarjana Tahun Angkatan 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (175Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta; 2) menganalisis dimensi yang paling dominan membentuk kepuasan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta; 3) menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun angkatan 2014 dengan jumlah sampel 381 mahasiswa. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proportional Random Sampling dan Incidental Sampling. Analisis data menggunakan Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM), Importance Performance Analysis (IPA) dan Regresi Linear Berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar instrumen HEdPERF dalam bentuk kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan uji analisis IKM menunjukkan bahwa tingkat kepuasan total mahasiswa Universitas Sebelas Maret terhadap kualitas pelayanan pendidikannya merasa puas dengan perolehan skor 66,54% ( kategori puas: 66% < IKM > 80,99% ); 2) berdasarkan uji analisis IPA, menunjukkan bahwa dimensi reputasi merupakan dimensi kategori prioritas utama dalam mendukung peningkatan kepuasan mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta; 3) berdasarkan analisis regresi linear berganda yang dilakukan dengan menggunakan uji F, diketahui bahwa koefisien determinasi sebesar 20,8% dan secara signifikan berpengaruh yang dibuktikan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 16,382 > 2,122 taraf signifikansi 5%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 15:21
    Last Modified: 16 Jan 2019 15:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43141

    Actions (login required)

    View Item