Pengembangan Modul Kimia Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Termokimia

KARTIKA, NEYSA HANA (2019) Pengembangan Modul Kimia Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Termokimia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (11Kb)

    Abstract

    Neysa Hana Kartika, 2018. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Termokimia. Tesis. Pembimbing: Prof. Sulistyo Saputro, M.Si., Ph.D. Kopembimbing: Dr. rer. nat. Sri Mulyani, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Karakteristik modul kimia berbasis guided discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi termokimia; 2) Kelayakan modul kimia berbasis guided discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi termokimia; 3) Efektivitas modul kimia berbasis guided discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi termokimia. Penelitian ini menggunakan model Borg dan Gall yang dilakukan dalam 9 tahap dari 10 tahap pengembangan, yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan produk; 4) Uji coba produk awal; 5) Revisi produk hasil uji coba awal; 6) Uji lapangan terbatas; 7) Revisi produk hasil uji coba terbatas; 8) Uji lapangan luas; 9) Penyempurnaan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan modul berdasarkan perhitungan validitas Aiken dan analisis efektivitas modul menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Telah dikembangkan modul kimia berbasis guided discovery pada materi termokimia menggunakan 9 tahap model Borg dan Gall; 2) Telah dilakukan uji kelayakan aspek isi, penyajian, bahasa, dan grafik pada modul kimia berbasis guided discovery. Indeks validitas Aiken yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,87 untuk kelayakan isi, 0,88 untuk kelayakan penyajian, 0,85 untuk kelayakan bahasa, dan 0,90 untuk kelayakan grafik. Hasil ini menunjukkan modul sudah valid; 3) Modul kimia berbasis guided discovery efektif digunakan di SMA Negeri 7 Pontianak, SMA Negeri 8 Pontianak dan SMA Negeri 9 Pontianak. Hasil perhitungan uji t untuk SMA Negeri 7 adalah 2,116, SMA Negeri 8 adalah 2,078, dan SMA Negeri 9 adalah 2,053. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata kunci: Modul Termokimia, Guided Discovery, Berpikir Kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 15:11
    Last Modified: 16 Jan 2019 15:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43138

    Actions (login required)

    View Item