PENERAPAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA 9 SMA NEGERI 1 SURAKARTA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI

KAWURI, KUNTHI RATNA (2019) PENERAPAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA 9 SMA NEGERI 1 SURAKARTA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (176Kb)

    Abstract

    Kunthi Ratna Kawuri. K2314022. PENERAPAN COMPUTATIONAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA 9 SMA NEGERI 1 SURAKARTA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan pendekatan Computational Thinking pada materi Usaha dan Energi . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, dan model kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 siswa, dan objek penelitian adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Indikator kemampuan berpikir kritis yang diteliti adalah, 1)menganalisis tujuan dari setiap permasalahan , 2)mengungkapkan permasalahan pada suatu kasus, 3) mengumpulkan, menggunakan atau memuat informasi yang cukup kredibel dan relevan , 4)mengidentifikasi sudut pandang atau pendapat , 5)mengungkapkan asumsi atau pendapat, 6) menyelesaikan dan menggunakan konsep yang relevan , 7) menyimpulkan data berdasarkan data eksperiment atau data nyata, 8) mengindentifikasi implikasi dan konsekuensi yang paling signifikan dari suatu permasalahan. Indikator ketercapaian yaitu minimal skor 75 dengan peningkatan kategori sedang. Data penelitian diperoleh dari hasil tes, angket dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan Computational Thinking dengan menggunakan lima langkah pendekatan yaitu thingkering, creating, debugging, persevering and collaborating. dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut dilihat dari Siklus 1 yang menunjukan bahwa dari 8 indikator kemampuan berpikir kritis masih terdapat satu indikator kemampuan berpikir kritis yang belum mencapai target yaitu pada indikator mengidentifikasi implikasi dan konsekuensi yang paling signifikan dari suatu permasalahan, sedangkan pada siklus II semua indikator berhasil mencapat target yaitu capaian siswa minimal skor 75 dengan peningkatan kategori sedang. Lima langkah pendekataran tersebut aspek yang paling menonjol dan menunjukan peningkatan terbesar yaitu pada tahapan collaborating, pada tahapan tersebut mampu meningkatan aspek kesimpulan dengan n-gain sebesar 0,78 dengan kategori peningkatan tinggi pada siklus ke dua. Kata kunci: computational thinking, berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 15:11
    Last Modified: 16 Jan 2019 15:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43134

    Actions (login required)

    View Item