Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Media Bola Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun (PTK Di TK Widya Putra DWP UNS Tahun Ajaran 2017/2018)

WAHYUNINGSIH, IKA (2019) Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Media Bola Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun (PTK Di TK Widya Putra DWP UNS Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (62Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Masa usia dini merupakan masa emas anak. Anak mengalami perkembangan paling cepat sepanjang sejarah kehidupannya.Salah satu aspek perkembangan yang perlu dikembangkan adalah ranah kognitif dalam bidang matematika. Tujuan penelitian dilaksanakan yaitu penggunaan media bola angka dalam peembelajaran pemahaman konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus pada tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif yang mengacu pada metode Milles Hubberman. Hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa penggunaan media bola angka dalam pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Penggunaan media bola angka dalam pembelajaran dilaksanakan diluar dan didalam kelas.Bola angka dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dilaksanakan dalam konsep permaian yang menyenangkan untuk anak. Peningkatan terjadi dari masa pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Konsep Bilangan, Bola Angka, Media ABSTRACT Early cildhood is the golden age for children. The Children get the fastest development in the history of their life. One of the aspect of developments have to enhanced is the cognitive area, it’s about mathematics. The aim of the research was to apply the numerical ball media for increasing the child’s understanding about the concept of numbers in children aged 4-5 years old in the A group of kindergarten. It is the action reasearch class with qualitative and quantitative data approaches. It was carried out for two cycles, each cycle consisting of three meetings. The data collection techniques is used in this reasearch are observation, interviews, tests and documentation. The data analysis in this study uses quantitative and qualitative data analysis which refers to the Milles Hubberman method. The results of classroom action research state that the use of numerical ball media in learning can improve understanding of the concept of numbers in children aged 4-5 years. The use of number ball media in learning is carried out outside and in the classroom. The numerical ball is used as a learning medium carried out in the concept of a fun game for children. The increase occurred from the pre-action period to cycle I and from cycle I to cycle II. Keywords: The concept of numbers, The ball number, Media

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 15:02
    Last Modified: 16 Jan 2019 15:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43131

    Actions (login required)

    View Item