PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR UNDER BASKET SHOOT PERMAINAN BOLABASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019

Setyorini, Erni (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR UNDER BASKET SHOOT PERMAINAN BOLABASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (396Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Erni Setyorini. K4614039. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR UNDER BASKET SHOOT PERMAINAN BOLABASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI KEBAKKRAMAT KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019”. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar under basket shoot permainan bolabasket pada peserta didik kelas XII IPA 4 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek adalah peserta didik kelas XII IPA 4 SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar berjumlah 36 peserta didik yang terdiri dari 10 peserta didik putra 26 peserta didik putri. Sumber data dari penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, penilaian dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dengan tekhnik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut : pada prasiklus aspek pengetahuan peserta didik yang tuntas adalah 17 peserta didik atau 47%, sedangkan pada aspek keterampilan peserta didik yang tuntas adalah 19 peserta didik atau 53%, pada siklus I aspek pengetahuan peserta didik yang tuntas adalah 28 peserta didik atau 78%, dan pada aspek keterampilan peserta didik yang tuntas adalah 25 peserta didik atau 70%, sedangkan pada siklus II pada aspek pengetahuan peserta didik yang tuntas adalah 31 peserta didik atau 86%, dan pada aspek keterampilan peserta didik yang tuntas adalah 30 peserta didik atau 83% sedangkan 6 peserta didik lainnya belum tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar under basket shoot pada peserta didik kelas XII IPA 4 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Hasil Belajar, Under Basket Shoot, Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 14:46
    Last Modified: 16 Jan 2019 14:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43126

    Actions (login required)

    View Item