STUDI EKSPERIMEN PENGARUH MATERIAL DAN DIMENSI PIPA PENGHUBUNG REAKTOR DAN KONDENSOR PADA PROSES PIROLISIS TERHADAP KUANTITAS HASIL LIQUID SMOKE

KARSA, BANGUN SANG (2019) STUDI EKSPERIMEN PENGARUH MATERIAL DAN DIMENSI PIPA PENGHUBUNG REAKTOR DAN KONDENSOR PADA PROSES PIROLISIS TERHADAP KUANTITAS HASIL LIQUID SMOKE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (898Kb)

    Abstract

    Energi merupakan bagian kebutuhan manusia yang tidak dapat dipisahkan. Pemanfaatan energi dari pengolahan limbah dengan proses pirolisis adalah langkah untuk mengurangi polusi tanah dan energi yang mulai langka. Eksperimen yang dilakukan menggunakan variabel kontrol yaitu proses pirolisis cepat, suhu pemanasan 400°C, lama pengujian 60 menit, jenis biomassa limbah padat aren, dan berat biomassa 200 gram. Hasil pengambilan data dari banyaknya volume asap cair setiap pipa dibandingkan dengan efisiensi alat pirolisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pipa stainless steel dan Galvanis diameter 3/4 inch 0,5 meter memiliki nilai kuantitas 88 ml dan 87 ml. Pada penelitian ini menunjukkan diameter pipa mempengaruhi hasil dari kuantitas asap cair. Perbandingan dengan diameter 1/4 inch lebih sedikit dibandingkan 3/4 inch dengan hasil 66 ml dan 88 ml. Panjang pipa mempengaruhi hasil asap cair dengan perbandingan panjang 1 meter dan 0,5 meter, panjang 1 meter memiliki kuantitas 84 ml dan 88 ml. Variasi jenis material pipa stainless steel dibandingkan dengan material galvanis memiliki kuantitas 88 ml dan 86 ml. Dari semua data yang diperoleh, menunjukkan bahwa pipa stainless steel diameter 3/4 inch x 0,5 meter memiliki hasil terbaik dengan proses pirolisis cepat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 14:46
    Last Modified: 16 Jan 2019 14:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43125

    Actions (login required)

    View Item