Pengaruh Tingkat Soial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar Ekonomi terhadap Tingkat Literasi Keungan Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018

PRAKOSO, BAYU (2019) Pengaruh Tingkat Soial Ekonomi Orang Tua dan Hasil Belajar Ekonomi terhadap Tingkat Literasi Keungan Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bayu Prakoso, K7413028. PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR EKONOMI TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Februari 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Tingkat sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar ekonomi secara bersama-sama terhadap tingkat literasi keuangan kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, (2) Pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat literasi keuangan kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, (3) Pengaruh hasil belajar ekonomi terhadap tingkat literasi keungan kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Objek Penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang mendapat mata pelajaran ekonomi sebanyak 312 orang. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proporsional random sampling dengan jumlah sampel 84 siswa. Tekhnik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang Tingkat sosial ekonomi orang tua dan tingkat literasi keuangan sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat sosial ekonomi orang tua dan hasil belajar ekonomi secara bersama-sama terhadap tingkat literasi keuangan kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel, yaitu 149,795 > 3,18 dan nilai sig. 0,000 < 0,1. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap tingkat literasi keuangan kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar yaitu 7,651 > t tabel yaitu 1,663 dan nilai sig. 0,000 < 0,1 (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar ekonomi terhadap tingkat literasi keuangan kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang ditunjukkan dengan nilai thitung hasil belajar ekonomi adalah sebesar 2,702 > t tabel yaitu 1,663 dan nilai sig. 0,008 < 0,1. Kata kunci : Tingkat sosial ekonomi orang tua, Hasil Belajar, Tingkat Literasi Keuangan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 14:46
    Last Modified: 16 Jan 2019 14:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43124

    Actions (login required)

    View Item