Pengembangan E-Vocational sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Rencana Anggaran Biaya Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret

NOVITASARI, ALVIAN (2019) Pengembangan E-Vocational sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Rencana Anggaran Biaya Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (37Kb)

    Abstract

    PENGEMBANGAN E-VOCATIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) UNIVERSITAS SEBELAS MARET Alvian Noviasari1, Ida Nugroho Saputro2, Abdul Haris Setiawan2 Email: alviannovitasari@student.uns.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan e-vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Rencana Anggaran Biaya (RAB); 2) mengetahui kelayakan e-vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Rencana Anggaran Biaya (RAB). Penelitian pengembangan e-vocational ini menggunakan prosedur Borg & Gall yang dimodifikasi yang terdiri dari 8 tahap yaitu: 1) studi pendahuluan; 2) pembuatan desain media; 3) validasi desain 4) revisi desain; 5) uji kelompok kecil; 6) revisi produk; 7) uji kelompok luas; 8) evaluasi dan penyempurnaan. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret angkatan 2014 dan 2015 yang telah lulus pada mata kuliah Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pengumpulan data validasi desain dan uji coba dilaksanakan menggunakan teknik angket. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan e-vocational berdasarkan skor kriteria likert modifikasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) E-Vocational sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Rencana Anggaran Biaya (RAB) telah berhasil dikembangkan melalui tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap pengujian. 2) E-vocational yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak dengan presentase penilaian pengguna sebesar 80,42% ditinjau dari aspek umum, komunikasi visual, rekayasa perangkat lunak, substansi materi, dan desain pembelajaran, Kata kunci: E,vocational, media pembelajaran, Rencana Anggaran Biaya (RAB)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Jan 2019 14:36
    Last Modified: 16 Jan 2019 14:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43121

    Actions (login required)

    View Item