PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH X JATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

SETYANINGTY, NURRISKA (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH X JATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (270Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nurriska Setyaningtyas. K8114049. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH X JATEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola matematika pada anak kelompok B TK Aisyiyah X Jaten melalui model pembelajaran course revie horay. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu meniru pola, menemukan pola selanjutnya, melanjutkan pola, dan membuat pola sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitaif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Subyek dalam penelitin ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah X Jaten tahun ajaran 2017/2018. Jumlah anak di kelas B TK Aisyiyah X jaten adalah 18 anak, 9 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan mengenal pola matematika melalui model pembelarajan CRH, yaitu persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 27,78%, peningkatan kemampuan mengenal pola siklus I sebesar 44,44%, dan peningkatan kemampuan mengenal pola matematika siklus II mencapai 83,33%. Indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan mengenal pola pada anak antara lain meniru pola, menemukan pola selanjutnya, melanjutkan pola, dan membuat pola sendiri. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melallu model pembelajaran course review horay dapa meningkatkan kemampuan mengenal pola matematika pada anak kelompok B TK Aisyiyah X Jaten tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: pola matematika, course review horay, anak usia 5-6 tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 09 Jan 2019 21:00
    Last Modified: 09 Jan 2019 21:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43116

    Actions (login required)

    View Item