GAYA BAHASA DAN NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN DILARANG MENCINTAI BUNGA-BUNGA KARYA KUNTOWIJOYO DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP

N, DIMAS PRAMUDYA (2019) GAYA BAHASA DAN NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN DILARANG MENCINTAI BUNGA-BUNGA KARYA KUNTOWIJOYO DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (347Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dimas Pramudya Nugroho, K1211020 GAYA BAHASA DAN NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN DILARANG MENCINTAI BUNGA-BUNGA KARYA KUNTOWIJOYO SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2018. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) gaya bahasa, (2) citraan, (3) nilai-nilai penguatan pendidikan karakter, dan (4) relevansi kumpulan cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga karya Kuntowijoyo dengan materi bahan ajar di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis data, maka penulis dapat memberikan kesimpulan bahwa pemakaian gaya bahasa dalam Kumpulan cerpen “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga” karya Kuntowijoyo terdapat berbagai macam gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut meliputiHasil penelitian: (1) Penggunaan gaya bahasa dalam kumpulan cerpen Dilarang Mnencintai Bunga-Bunga ditemukan 12 jenis gaya bahasa yang mendominasi dan gaya bahasa simile paling mendominasi; (2) Penggunaan citraan dalam kumpulan cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga ditemukan 4 bentuk citraan dan citraan penglihatan yang paling mendominasi.(3)Ditemukan Nilai penguatan pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga yaitu: a) religius b) mandiri c) integritas d) gotong-royong e) nasionalis ; dan (4) Kumpulan Cerpen ‘’Dilarang mencintai Bunga-Bunga” memiliki kriteria kesesuaian cerpen yang dapat digunakan sebagai bahan ajar yaitu: (a) bahasanya tidak terlalu sulit diikuti peserta didik; (b) sejalan dengan lingkungan sosial budaya peserta didik; (c) sesuai dengan umur, minat, perkembangan kejiwaan; dan (d) memupuk rasa keingintahuan. Relevansi hasil penelitian Kumpulan Cerpen ‘’Dilarang mencintai Bunga-Bunga” sebagai materi ajar sastra di SMP relevan kompetensi dasar. Kata kunci : cerpen, gaya bahasa, citraan, nilai penguatan pendidikan karakter, bahan ajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 09 Jan 2019 20:53
    Last Modified: 09 Jan 2019 20:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43114

    Actions (login required)

    View Item