PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS OUTDOOR STUDY (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Usia 4-5 Tahun TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

Karunia, Mida Septi (2018) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS OUTDOOR STUDY (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Usia 4-5 Tahun TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Mida Septi Karunia. K8114040. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBASIS OUTDOOR STUDY (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Usia 4-5 Tahun TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Oktober 2018. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui penerapan model pembelajaran teams games tournaments berbasis outdoor study pada anak usia 4-5 tahun TK Marsudisiwi Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan pendekatan data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian dilakukan selama dua siklus yang tiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan dilaksanakan pada empat tahap, meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun berjumlah 15 anak. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, sedangkan uji validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian nilai tiap indikator pemahaman konsep bilangan anak meningkat dari pra tindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II sebesar 86,67%. Peningkatan tersebut ditandai dengan keberasilan anak mampu membilang banyak benda satu sampai sepuluh, mengenal lambang bilangan, dan mengetahui konsep banyak dan sedikit. Berdasarkan paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran teams games tournaments berbasis outdoor study dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: pemahaman konsep bilangan, teams games tournaments berbasis outdoor study, anak usia 4-5 tahun

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 09 Jan 2019 18:30
    Last Modified: 09 Jan 2019 18:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43101

    Actions (login required)

    View Item