Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 - 6 Tahun Melalui Media Foto

S, Noviani Wahyu Nur (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 - 6 Tahun Melalui Media Foto. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (227Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif time token melalui media foto terhadap kemampuan berbicara anak usia 5- 6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi exsperimental design dengan tipe non equivalent contol group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling.Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah TK B1 TK Angkasa Lanud Adi Soemarmo Colomadu sebanyak 20 anak dalam kelompok eksperimen dan TK B TK Dharma Wanita Bolon Colomadu sebanyak 20 anak dalam kelompok kontrol. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes unjuk kerja dan teknik analisa dokumen. Uji Normalitas shapiro wilk berbantuan SPSS 16 for windows sedangkan Uji homogenitasnya dengan Levine test.Hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelompok eksperimen 5,35 dan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 9,6, pada analisis data menunjukan signifikasi 0,000 dengan dasar pengambilan keputusan jika nilai signifikasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 09 Jan 2019 18:26
    Last Modified: 09 Jan 2019 18:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43100

    Actions (login required)

    View Item