Peningkatan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Show And Tell (Penelitian Tindakan Kelas TK Al-Firdausy Sukoharjo Tahun Ajaran 2017 / 2018/)

Ditawati, Historika (2019) Peningkatan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Show And Tell (Penelitian Tindakan Kelas TK Al-Firdausy Sukoharjo Tahun Ajaran 2017 / 2018/). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (88Kb)

    Abstract

    Historika Ditawati. K8114030. PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE SHOW AND TELL (Penelitian Tindakan Kelas Tk Al-Firdausy Sukoharjo Tahun 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemapuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun TK Al-Firdausy Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TK Al-Firdausy Sukoahrjo tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah anak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri anak pada setiap siklus. Ketuntasan pada prasiklus yaitu 7 anak mempu menunjukkan rasa percaya sendiri sedangkan sebanyak 14 anak belum mampu menunjukkan keberaniannya. Selanjutnya indikator reaksi emosi tenang diperoleh data 16 sebanyak anak yang belum mencapai indikator tersebut. Sementara Indikator Inisiatif diperoleh data sebanyak 14 anak belum mampu menujukkan rasa inisiatifnya. Siklus I mengalami peningkatan menjadi sebanyak 12 anak secara klasikal. Sedangkan sebanyak 7 anak belum mampu menunjukkan keberaniannya. Selanjutnya indikator reaksi emosi tenang diperoleh data 6 sebanyak anak yang belum mencapai indikator tersebut. Sementara Indikator Inisiatif diperoleh data sebanyak 8 anak belum mampu menujukkan rasa inisiatifnya. Kemudian ketuntasan klasikal siklus II yaitu sebanyak 16 anak. Sedangkan sebanyak 2 anak belum mampu menunjukkan keberaniannya. Selanjutnya indikator reaksi emosi tenang diperoleh data 5 sebanyak anak yang belum mencapai indikator tersebut. Sementara Indikator Inisiatif diperoleh data sebanyak 3 anak belum mampu menujukkan rasa inisiatifnya. Peningkatan ketuntasan klasikal dari pra siklus ke siklus I sebanyak 7 anak dan dari siklus I ke siklus II sebanyak 4 anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah show and tell dapat meningkatkan rasa percaya diri anak usia 4-5 tahun TK Al-Firdausy Sukoharjo tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Rasa percaya diri, Show and tell, Anak usia dini

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 09 Jan 2019 14:44
    Last Modified: 09 Jan 2019 14:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43096

    Actions (login required)

    View Item