Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Pengukuran pada Anak Usia 5-6 Tahun

Afifah, Nur (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Pengukuran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (86Kb)

    Abstract

    Nur Afifah. K8114046. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Pengukuran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Oktober 2018. Penelitian ini beranjak dari permasalahan anak usia 5-6 tahun dalam memahami konsep pengukuran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep pengukuran pada anak usai 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalen kontrol grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bulurejo, Juwiring, Klaten. Sampel penelitian ini sejumlah 42 anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes untuk data pemahaman konsep pengukuran anak. Analisis data menggunakan t-test dengan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep pengukuran pada anak usia 5-6 tahun. Implikasi dari penelitian ini semakin memperkuat alasan pentingnya model pembelajaran kontekstual pada anak usia dini, karena model pembelajaran kontekstual sesuai dengan tahap perkembangan kognitif anak. Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Konsep Pengukuran, Anak Usia 5-6 tahun.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 09 Jan 2019 14:25
    Last Modified: 09 Jan 2019 14:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43094

    Actions (login required)

    View Item