UNSUR KEBUDAYAAN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KERJA KERAS DALAM LEGENDA KABUPATEN NGAWI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP/MTs (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA)

Suwarno, Suwarno (2018) UNSUR KEBUDAYAAN DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KERJA KERAS DALAM LEGENDA KABUPATEN NGAWI SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP/MTs (KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (87Kb)

    Abstract

    Karya sastra sebagai hasil kreatif manusia di dalamnya terdapat cerminan kehidupan sosial termasuk budaya masyarakat. Karya sastra yang baik adalah karya sastra yang dapat memberikan fungsi edukatif, khususnya pendidikan karakter pada pembacanya. Unsur kebudayaan dan nilai pendidikan karakter tersebut, relevan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) unsur kebudayaan (bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem religi, dan kesenian) yang terdapat dalam Legenda Kabupaten Ngawi, (2) nilai pendidikan karakter kerja keras yang terdapat dalam Legenda Kabupaten Ngawi, dan (3) relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan content analysis (analisis isi). Pendekatan yang digunakan adalah antropologi sastra. Data diperoleh melalui informasi lisan dari para narasumber dan didukung oleh berbagai sumber tertulis. Sumber data penelitian ini meliputi informan, tempat dan benda-benda fisik, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Validitas data dengan triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data dengan analisis interaktif. Simpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) unsur kebudayaan yang terdapat dalam Legenda Kabupaten Ngawi a) bahasa: adanya bahasa yang berfungsi sebagai alat komunikasi dan sebagai identitas atau cerminan diri dari para pemakaianya, b) sistem pengetahuan: pengetahuan mengolah lahan pertanian dan peternakan, mengolah makanan, membuat suatu kerajinan dan barang-barang, pengetahuan ilmu agama dan ilmu kebatinan, c) organisasi sosial: terdiri atas kekerabatan hubungan sedarah dan hubungan tidak sedarah dan terdapat aturan-aturan yang harus ditaati atau terdapatnya pantangan dalam kehidupan bermasyarakat, d) sistem peralatan hidup dan teknologi: peralatan dan teknologi tradisional, e) sistem mata pencaharian hidup: profesi sebagai petani, peternak, pekebun, pemuka agama, pemimpin kerajaan dan abdi raja, f) sistem religi: agama Islam, Hindu, dan kepercayaan/kejawen, g) kesenian: kuburan dan batu peninggalan. (2) Legenda Kabupaten Ngawi memiliki nilai pendidikan karakter kerja keras. (3) Legenda Kabupaten Ngawi memiliki relevansi dengan pembelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 09 Jan 2019 14:20
    Last Modified: 09 Jan 2019 14:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43093

    Actions (login required)

    View Item