PenerapanmModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share disertai Media Powerpoint untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMA N 3 Sragen pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2017/2018

MUZAKI, AKMAL (2019) PenerapanmModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share disertai Media Powerpoint untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMA N 3 Sragen pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (390Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melaluipmodel pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Share disertai media Powerpoint pada mata pelajaranpEkonomi kelas X IPS 4 di SMA Negeri 3 Sragen. Penelitianpini merupakanpPenelitian Tindakan Kelas. Penelitianpdilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiripdaripperencanaan, pelaksanaan, observasi, danprefleksi. Subyekppenelitian adalah siswa kelas X IPS 4 di SMA Negeri 3 Sragen yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi aspek afektif, wawancara, tes hasil kognitif, danpdokumentasi. Validitas data dengan teknik triangulasi sumber datapdan triangulasi metode. Teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif, kualitatif dan deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil analisis terjadi peningkatanpyangpsignifikan dari prestasi belajar siswa dari prasikluspke siklus I menuju sikluspII. Hal ini dapat dilihat padaphasil dari penilaian pra siklus dengan rata-rata prestasi belajar siswa 71 dan presentase ketuntasan sebesar 58%. Pada siklus I saat diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media Powerpoint prestasi belajar siswa meningkat 75 dan presentase ketuntasan sebesar 72%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan padaphasil prestasi belajar siswapmenjadi 80 dan presentase ketuntasan 81%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media Powerpoint siswa lebih berani mengemukakan pendapat ketika berdiskusi, menyenangkan dan prestasi belajar mengalami peningkatan sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share disertai media Powerpoint dapat meningkatkan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPS 4 di SMA N 3 Sragen pada mata pelajaran Ekonomi tahun ajaran 2017/2018

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Ferina Umu Salamah
    Date Deposited: 07 Jan 2019 13:07
    Last Modified: 07 Jan 2019 13:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43088

    Actions (login required)

    View Item