Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Siswa Reguler dan Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah SMA Negeri 1 Surakarta

HANDAYANI, YULI WULAN (2019) Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Siswa Reguler dan Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah SMA Negeri 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (110Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Yuli Wulan Handayani. Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Siswa Reguler dan Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar di Luar Sekolah Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Surakarta. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi antara siswa regular yang tidak mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Surakarta sebanyak 73 siswa. Jumlah siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah sebanyak 42 siswa, sementara sebanyak 31 siswa tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi nilai hasil belajar akuntansi siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test. Berdasarkan analisis nilai hasil belajar akuntansi siswa dengan uji t, menunjukkan perbandingan antara thitung dengan ttabel = 2.888>2.646 (thitung > ttabel), dan perbandingan nilai probabilitas signifikansi (Pvalue) dengan taraf signifikansi α/2= 0.005<0,05/2 (Pvalue<α/2). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah dengan siswa regular yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Dari interpretasi angket siswa yang mengikuti bimbingan belajar menyatakan setuju bahwa bimbel memiliki peran yang penting terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Surakarta. Kata kunci: Hasil Belajar Akuntansi, Bimbingan Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 16:50
    Last Modified: 02 Jan 2019 16:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43086

    Actions (login required)

    View Item