PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERIPIK KENTANG OJEBE MELALUI KOMUNIKASI VISUAL

PUTRA, YANA HELIA (2019) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERIPIK KENTANG OJEBE MELALUI KOMUNIKASI VISUAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (839Kb)

    Abstract

    Setiap hari manusia tidak pernah lepas dalam hal makan yang merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Di tengah kesibukan sehari-hari perlu sedikit meluangkan waktu untuk sekedar bersantai. Saat bersantai paling nyaman sambil menikmati meminum teh atau makanan ringan. Makanan ringan sering kita jumpai di toko atau swalayan. Makanan ringan telah berkembang dengan pesat baik jenisnya, cita rasa maupun kemasannya. Bahan baku yang banyak digunakan dalam produksi makanan ringan terbuat dari umbi-umbian. Indonesia merupakan negara yang memiliki kesuburan tanah yang sangat tinggi. Hal ini nampak pada hasil tanaman umbi-umbian, salah satunya yaitu kentang. Tanaman ini mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi dan pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi. Kentang (Solanum tuberosum) tergolong bahan makanan yang kaya nutrisi dan semakin meningkat kebutuhannya. Beberapa manfaat tanaman kentang antara lain: sebagai bahan diversifikasi pangan non beras yang bernilai gizi tinggi, tanaman cepat menghasilkan (cash crop) bagi petani, komoditas ekspor non-migas, bahan dasar industri pangan dan tekstil, serta bahan makanan fast-food yang menjamur di kota-kota besar. Saat ini potensi di sekitar pertanian menjadi salah satu aspek yang harus diprioritaskan dan menjadi peluang usaha yang bagus bagi pembangunan nasional, misalnya dengan mengolah umbi-umbian menjadi berbagai macam makanan ringan maupun berat yang mempunyai rasa khas dan tahan lama untuk disimpan. Bentuk olahan tersebut bisa berupa tepung, gaplek, tapai, keripik dan lainnya. Keripik kentang adalah suatu makanan ringan yang sangat favorit karena rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah. Yang dimaksud dengan keripik kentang adalah irisan tipis kentang yang digoreng secara deep-fried di dalam media minyak. Di Amerika Utara dan eropa keripik kentang dikenal dengan nama potato chips atau potato crips. Keripik kentang sendiri merupakan produk yang sudah dikenal luas oleh masyarakat sejak lama. Maka beberapa industri kecil mulai mencoba untuk memproduksi dan mengembangkannya. Faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha keripik kentang adalah kemudahan dalam memperoleh bahan baku yaitu kentang. Kentang biasa ditanam di daerah dengan suhu rendah seperti dataran tinggi atau pegunungan. Salah satu daerah penghasil kentang berada di kabupaten Karanganyar. Karanganyar merupakan daerah yang memiliki banyak tempat wisata alam oleh sebab itu banyak wisatawan dari luar Karanganyar yang datang. Hal ini menjadi salah satu keuntungan dalam menjual produk yang bisa dijadikan oleh-oleh. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan mendirikan industri khususnya kuliner agar dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. Salah satu industri kuliner di Karanganyar yaitu Keripik Kentang “Ojebe” yang bergerak dalam produksi pembuatan keripik kentang. Usaha Keripik Kentang “Ojebe” saat ini masih tergolong usaha kecil atau home industy ditujukan untuk pasar lokal pada umumnya yang dipasarkan melalui warung dan toko-toko kecil. Namun sekarang sudah banyak bermuculan home industry yang melirik usaha pembuatan keripik kentang. Untuk dapat bersaing Keripik Kentang “Ojebe” menciptakan rasa yang bervariatif sehingga dapat membedakan antara pesaingnya. Guna menembus pasar yang lebih luas dan dapat mencapai target penjualan yang diinginkan maka dilakukan iklan melalui media komunikasi visual supaya konsumen lebih mengenal produk yang ditawarkan. Selama ini produk hanya diperkenalkan ke masyarakat melalui media dari mulut ke mulut saja sehingga kurang efektif promosi yang dilakukan. Oleh sebab itu promosi media melalui media komunikasi visual sangat diperlukan. Perlunya dibuatkan Perancangan Komunikasi visual iklan Keripik Kentang “Ojebe” agar usaha tersebut mempunyai potensi untuk berkembang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 16:43
    Last Modified: 02 Jan 2019 16:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43083

    Actions (login required)

    View Item