PENGEMBANGAN EBOOK BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PADA PAKET KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SE KABUPATEN BOYOLALI

SANTOSO, TRI NUGROHO BUDI S (2019) PENGEMBANGAN EBOOK BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MATA PELAJARAN ADMINISTRASI HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PADA PAKET KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SE KABUPATEN BOYOLALI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (193Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan eBook berbasis K13 untuk mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan; 2) menguji efektivitas eBook berbasis K13 untuk mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pengembangan eBook mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan ini menggunkan prosedur Borg and Gall yang di modifikasi yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) research and information, 2) planning, 3) develop preliminary form of product, 4) field testing and revision, dan 5) disseminating and implementation. Analisis data yang digunakan saat pengembangan adalah uji kelayakan eBook berdasarkan skor kriteria dan uji efektivitas melalui Pair Sample T Test dan Independent Sample T Test. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan tes. Melalui analisis kebutuhan diketahui: 1) bahan ajar di sekolah pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan belum tersedia, 2) hampir seluruh siswa memiliki smartphone, 3) hasil belajar rendah, 4) kurikulum selalu berubah (dinamis), dan 5) fasilitas pembelajaran mendukung untuk literasi digital. Hasil uji kelayakan diketahui SMK Negeri 1 Boyolali memperoleh nilai hasil rata-rata sebesar 4,30 dengan kategori “Sangat Baik”, sedangkan di SMK Negeri 1 Banyudono memperoleh nilai hasil rata-rata sebesar 4,62 dengan kategori “Sangat Baik”. Rata-rata penilaian akhir dalam persentase adalah 89%, maka dapat disimpulkan bahwa media e-book Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis kurikulum 2013 yang dikembangkan layak untuk digunakan. Melalui Uji efetivitas hasil Paired Samples T Test pada kelas eksperimen adalah nilai t hitung 12,218 > t tabel 1,998 sehingga ada perbedaan sebelum dan sesudah di terapkannya media eBook, sedangkan pada kelas kontrol diketahui, nilai t hitung 14,023 > t table 1,998 sehingga ada perbedaan sebelum dan sesudah di terapkannya eBook. Melalui Independent-Sample T Test pada saat pretest, nilai t hitung 0,323 < t tabel sebesar 1,979 sehingga tidak ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dilakukan uji coba dengan media e-book. Pada saat postest nilai t hitung 2,798 > t tabel 1,979 sehingga ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dilakukan uji coba dengan media e-book. Pada tabel group statistic terlihat rata-rata (mean) untuk kelas eksperimen adalah 80,00 dan untuk kelas kontrol adalah 74,61 yang berarti rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata (mean difference) sebesar 5,39063 dan perbedaan berkisar antara 1,57803 sampai 9,20322 (pada lower dan upper). Simpulan dari penelitian ini adalah eBook mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis kurikulum 2013 layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 16:37
    Last Modified: 02 Jan 2019 16:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43080

    Actions (login required)

    View Item