PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri Tegalsari No. 60 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

WULANDARI, TRI ASTUTI (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri Tegalsari No. 60 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (167Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tri Astuti Wulandari. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri Tegalsari No. 60 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep mata kenampakan permukaan bumi melalui model Picture and Picture dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas III SD Negeri Tegalsari No.60 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan empat tahapan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tegalsari No.60 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif. Indikator kerja yang ditetapkan adalah sebanyak 80% dari jumlah siswa yaitu 27 dapat mencapai ≥70 maka penelitian dianggap berhasil. Hasil penelitian tindakan kelas diketahui bahwa ketuntasan klasikal pada kondisi awal 11,11% dengan nilai rata-rata 40,47. Pada siklus I ketuntasan klasikal sebanyak 62,96% dengan nilai rata-rata 67,41. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 92,59% dengan nilai rata-rata 80,20. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan pemahaman konsep kenampakan permukaan bumi siswa kelas III SD Negerti Tegalsari tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: pemahaman konsep, kenampakan permukaan bumi, model Picture and Picture, ABSTRACT Tri Astuti Wulandari. IMPROVEMENT OF CONCEPTUAL UNDERSTANDING OF EARTH SURFACE APPEARANCE THROUGH PICTURE AND PICTURE METHOD (A Classroom Action Research to the Students In Grade III Of state Primary School Tegalsari 60 Inacademic Year 2017/2018).Skripsi, Surakarta: The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, Surakarta. September, 2018. The objective of this research is to improve the conceptual understanding on earth surface appearance through Picture and Picture method in Natural Science subject matter of the students in Grade III of State Primary School Tegalsari 60 in Academic Year 2017/208. This research used the classroom action research (CAR) with two cycles. Each cycle consisted of two meetings, and each meeting had four stages. The subjects of the research were the students as many as 27 in Grade III of State Primary School Tegalsari 60 in Academic Year 2017/208. Its data were collected through observation, interview and examination. The validity of the data was checked with source triangulation and technique triangulation. They were analyzed by using the interactive model of analysis. The key performance indicator was set at the following target: when at least 80% of the 27 students succeeded in getting the score of more than or equal to 70, then the research could be considered successful. The result of the research show that prior to the treatment, the students who could attain the classical learning completeness was 11.11% with the average score of 40.47. Following the treatments, it became 62.96% with the average score of 67.41 and 92.59% with the average score of 80.20 respectively. Thus, the aplication of the Picture and Picture method can improve the conceptual understanding of earth surface appearance of the students in Grade III of State Primary School Tegalsari in Academic Year 2017/2018. Keywords: Conceptual understanding, earth surface appearance, Picture and Picture method

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 16:35
    Last Modified: 02 Jan 2019 16:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43079

    Actions (login required)

    View Item