TELEVISI DAN MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi tentang Hubungan Latar Belakang Sosial dengan Motivasi dan Pola Menonton Televisi di Kalangan Masyarakat Komplek Perumahan Srondol Bumi Indah Semarang, Jawa Tengah

SYAHPUTRI, TAMIMI (2019) TELEVISI DAN MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi tentang Hubungan Latar Belakang Sosial dengan Motivasi dan Pola Menonton Televisi di Kalangan Masyarakat Komplek Perumahan Srondol Bumi Indah Semarang, Jawa Tengah. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (824Kb)

    Abstract

    ABSTRAK TAMIMI SYAHPUTRI. D0213094. TELEVISI DAN MASYARAKAT PERKOTAAN (Study tentang Hubungan Latar Belakang Sosial dengan Motivasi dan Pola Menonton Televisi Dikalangan Masyarakat Komplek Perumahan Srondol Bumi Indah Semarang Jawa Tengah). Skripsi (S-1). Program Studi Ilmu Komunikasi. FISIP. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2018. Kegiatan menonton televisi telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari masyarakat Indonesia, tidak peduli di desa maupun kota, kalangan menengah atas dan bawah, tua dan muda, seolah mereka sudah memiliki acara favorit sesuai dengan kondisi sosial dan budaya mereka. Tingkat konsumsi media (televisi), individu dipengaruhi oleh motif yang melekat dalam diri individu. Latar belakang sosial seseorang juga bisa menjadi salah satu penyebab berbedanya kebutuhan informasi (hiburan) dengan yang lainnya, seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, status sosial, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adanya hubungan antara latar belakang sosial dengan motivasi menonton televisi, 2) untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi menonton dengan pola menonton televisi dikalangan masyarakat perkotaan. 3) untuk mengetahui adanya hubungan antara latar belakang sosial dengan pola menonton televisi dikalangan masyarakat perkotaan. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi Penelitian ini adalah kawasan komplek perumahan Srondol Bumi Indah Semarang. Adapun sampel dari penelitian ini berjumlah 90 responden dengan populasi keseluruhan 892 orang. Responden dipilih dengan menggunakan metode Sampling Insidental. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrument untuk mengambil data. Analisis data menggunakan Spearman’s Rank dan Crosstab dengan analisis Chi-Square. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara latar belakang sosial dengan motivasi menonton ditemukan variabel yang memunyai hubungan yang signifikan yaitu variabel pendapatan dengan motivasi diversi. Dalam hubungan antara motivasi menonton dengan pola menonton ditemukan variabel yang mempunyai hubungan yang signifikan, yaitu motivasi kognitif dengan acara favorit berita, dan motivasi diversi dengan waktu menonton di sore hari dan acara favorit gameshow. Dalam hubungan antara latar belakang sosial dengan pola menonton ditemukan semua variabelnya memiliki hubungan yang signifikan dengan pola menonton, diantaranya variabel usia dengan waktu menonton di malam hari, durasi menonton, dan acara favorit berita; variabel pendapatan dengan acara favorit berita; variabel pendidikan dengan frekuensi menonton; variabel jenis kelamin dengan waktu menonton di pagi hari, intensitas menonton, dan acara favorit gameshow; variabel pekerjaan dengan waktu menonton di pagi hari dan intensitas menonton. Kata Kunci: Uses and Gratification, Latar Belakang Sosial, Motivasi, Pola Menonton, Masyarakat Perkotaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 16:29
    Last Modified: 02 Jan 2019 16:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43077

    Actions (login required)

    View Item