Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Anak Kelompok A TK Al Huda Tahun Ajaran 2017/2018

FATIMAH, SITI (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Anak Kelompok A TK Al Huda Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (179Kb)

    Abstract

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada anak kelompok A TK Al Huda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Al Huda tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 15 anak didik. Teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains mengalami peningkatan secara klasikal yaitu pada pratindakan sebesar 26,7%, siklus I sebesar 66,7% dan siklus II sebesar 86,7%. Peningkatan tersebut ditandai dengan keberhasilan anak mampu menggunakan inderanya untuk mengamati suatu objek, anak mengetahui ciri-ciri suatu benda, anak mampu mengelompokkan benda ke dalam 2 kelompok berdasarkan persamaannya, dan anak mampu menceritakan kembali proses penemuan. Simpulan dari penelitian adalah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada anak kelompok A TK Al Huda Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci : keterampilan proses sains, model pembelajaran kontekstual

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 16:11
    Last Modified: 02 Jan 2019 16:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43074

    Actions (login required)

    View Item