Peningkatan Keterampilan Bereksperimen Pesawat Sederhana Melalui Teknik Pembelajaran Two Stay Two Stray ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD N Bumi 1 No.67 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)

NURLITA, SEPTIA RATNA (2019) Peningkatan Keterampilan Bereksperimen Pesawat Sederhana Melalui Teknik Pembelajaran Two Stay Two Stray ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD N Bumi 1 No.67 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (85Kb)

    Abstract

    Septia Ratna Nurlita Devi, PENINGKATAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN PESAWAT SEDERHANA MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bumi 1 No.67 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bereksperimen pesawat sederhana melalui teknik pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) siswa kelas V SD Negeri Bumi 1 No. 67 Surakarta. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: Perencanaan tindakan; Pelaksanaan Tindakan; observasi; dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Teknik observasi; wawancara; tes; dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan beberapa komponen, yaitu: penyediaan data; reduksi data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat peningkatan keterampilan bereksperimen pesawat sederhana siswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III. Peningkatan keterampilan bereksperimen pesawat sederhana dapat dibuktikan melalui hasil perolehan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan pada setiap siklusnya. Pada pra tindakan rata-rata pada observasi keterampilan bereksperimen pesawat sederhana sebesar 2,47 dengan persentase ketuntasan sebesar 26,7%. Pada siklus I rata-rata pada observasi keterampilan bereksperimen pesawat sederhana sebesar 2,96 dengan persentase ketuntasan sebesar 43,33%. Pada siklus II rata-rata pada observasi keterampilan bereksperimen pesawat sederhana sebesar 3,42 dengan persentase ketuntasan sebesar 3,47%. Pada siklus III rata-rata pada observasi keterampilan bereksperimen pesawat sederhana sebesar 3,47 dengan persentase ketuntasan sebesar 88,46%. Berdasarkan pemaparan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen pesawat sederhana. Kata kunci: Teknik Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), Keterampilan Bereksperimen Pesawat Sederhana.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 16:08
    Last Modified: 02 Jan 2019 16:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43073

    Actions (login required)

    View Item