Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Menggunakan Blended Learning dengan Media Berbasis iSpring Suite 8 Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar

FAUZAN, RAAFI IMAM (2019) Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Kognitif Menggunakan Blended Learning dengan Media Berbasis iSpring Suite 8 Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (16Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Raafi Imam Fauzan. K2313057. PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA BERBASIS ISPRING SUITE 8 SISWA KELAS XI IPA 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan kognitif Fisika siswa melalui model Blended Learning tipe Face-to-Face Driver dengan iSpring Suite 8 pada pembelajaran Fisika materi Fluida Dinamis siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan dengan beberapa langkah: perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Model Blended Learning tipe Face-to-Face Driver sebagai model low-impact dipilih untuk mendorong proses pembelajaran konvensional agar siswa lebih aktif. Dalam pelaksanaannya, program iSpring Suite 8 dipakai untuk menampilkan bahan ajar yang lebih interaktif. Untuk memperoleh data digunakan kajian dokumen, angket untuk siswa, observasi terhadap siswa, dan wawancara terhadap siswa selama dua siklus penelitian. Berdasarkan analisis data kualitatif, hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar dan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI IPA 2 pada materi Fluida Dinamis di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar meningkat. Media iSpring Suite 8 menampilkan ilustrasi-ilustrasi gambar dan video yang lebih jelas untuk mengajarkan setiap konsep sehingga pada aspek aktivitas belajar, siswa lebih tertarik mengoperasikan media tersebut. Penerapan metode simulasi-diskusi per kelompok yang dilanjutkan dengan presentasi pun membuat siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Pada aspek kemampuan kognitif, dengan adanya proses diskusi menggunakan media iSpring Suite 8, lebih banyak siswa aktif bertanya tentang hal yang belum mereka ketahui terkait materi. Oleh karena itu, pemahaman siswa menjadi lebih baik sehingga hasil tes kemampuan kognitif Fisika mereka menjadi meningkat. Kata Kunci: Blended Learning, Face-to-Face Driver, iSpring Suite, Fluida Dinamis, Aktivitas Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 14:41
    Last Modified: 02 Jan 2019 14:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43061

    Actions (login required)

    View Item