PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING TOURNAMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR BETON PADA SISWA KELAS XI TGB SMK NEGERI 2 SURAKARTA

KHASANAH, SINTANI FAHMI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF LEARNING TOURNAMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR BETON PADA SISWA KELAS XI TGB SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2369Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah : (1) Mengetahui peningkatan kualitas proses pembelajaran Gambar Beton siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 ; (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Gambar Beton. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Dimulai dengan identifikasi permasalahan dalam kelas, siklus I: perencanaan berupa penyusunan langkah-langkah pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARIAS melalui strategi pembelajaran aktif Learning Tournament, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis, dan refleksi untuk tindakan pada siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Data diperoleh melalui observasi kejenuhan belajar, afektif dan psikomotor siswa, wawancara, tes kognitif siklus I dan tes kognitif siklus II. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validitas data, sedangkan untuk analisa data digunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS melalui strategi pembelajaran aktif Learning Tournament dapat memperbaiki atau meningkatkan : (1) Kualitas proses pembelajaran yaitu dengan menurunnya kejenuhan belajar dan meningkatnya keaktifan siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Gambar Beton dengan kompetensi dasar merencanakan perhitungan penulangan dan gambar rencana plat lantai satu arah struktur gedung beton bertulang ; (2) Hasil belajar (nilai kompetensi) siswa kelas XI TGB SMK Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran Gambar Beton dengan kompetensi dasar merencanakan perhitungan penulangan dan gambar rencana plat lantai satu arah struktur gedung beton bertulang. Kata Kunci : ARIAS, Learning Tournament, Proses Belajar, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 15 Jul 2013 14:58
    Last Modified: 15 Jul 2013 14:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/4306

    Actions (login required)

    View Item