ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS CHIAPPETTA DAN FILLMAN

FITRIYAN, NURUL LAILI (2019) ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS CHIAPPETTA DAN FILLMAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (84Kb)

    Abstract

    Nurul Laili Fitriyani. K4312047. ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS X SEMESTER GANJIL BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS CHIAPPETTA DAN FILLMAN. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil analisis Buku Ajar Biologi untuk SMA Kelas X Semester Ganjil berdasarkan kategori literasi sains Chiappetta dan Fillman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis is (content analysis). Objek penelitian adalah dua buku teks biologi kelas X dari dua penerbit berbeda dengan mengambil unit teks pada bab semester ganjil. Teknik pengambilan objek penelitian dengan menggunakan sampel bertujuan (purposive sampling). Pengumpulan data melalui analisis oleh petugas koding secara mandiri pada unit-unit buku teks biologi kelas X. Reliabilitas data menggunakan indeks kesepakatan Kappa. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan empat dimensi literasi sains pada kedua buku teks biologi kelas x yang dianalisis memiliki perbandingan sebaran tidak merata, dengan dominasi kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan. Hasil analisis literasi sains Buku A yaitu: sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 90,77 persen; sains sebagai jalan penyelidikan sebesar 5,56 persen; sains sebagai cara berpikir sebesar 3,1 persen; serta interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat sebesar 0,53 persen. Hasil analisis literasi sains Buku B yaitu: sains sebagai batang tubuh pengetahuan sebesar 69,70 persen; sains sebagai jalan penyelidikan sebesar 12,47 persen; sains sebagai cara berpikir sebesar 2,78 persen; serta interaksi sains dengan teknologi dan masyarakat sebesar 15,05 persen. Kata kunci: analisis isi, literasi sains, buku teks biologi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 14:30
    Last Modified: 02 Jan 2019 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43057

    Actions (login required)

    View Item