PERAMALAN MATRIKS ASAL TUJUAN ANGKUTAN BARANG KOTA SURAKARTA DENGAN METODE PENAKSIRAN KEMIRIPAN MAKSIMUM

TRISNAWATI, NUNING (2019) PERAMALAN MATRIKS ASAL TUJUAN ANGKUTAN BARANG KOTA SURAKARTA DENGAN METODE PENAKSIRAN KEMIRIPAN MAKSIMUM. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (68Kb)

    Abstract

    Jumlah pergerakan orang dan barang sebagai salah satu efek dari pertumbuhan ekonomi menimbulkan pengaruh negatif terhadap transportasi khususnya di daerah perkotaan. Surakarta sebagai salah satu sentra ekonomi di daerah Selatan pulau Jawa tak lepas dari pengaruh tersebut. Berbagai permasalahan diperkirakan akan muncul seperti kemacetan lalu lintas, bertambahnya waktu tempuh kendaraan, kecelakaan dan juga polusi, oleh karena itu diperlukan perencanaan transportasi yang baik. Perencanaan transportasi diperlukan untuk mengurangi kemungkinan kemacetan di masa depan, terutama di tahun 2025 dimana pembuatan jalan toll penghubung Solo-Kertosono dan Solo-Surakarta di Kota Surakarta diperkirakan telah selesai dan siap digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai β dan mengestimasi MAT angkutan barang tahun 2025 sehingga pergerakan antar zona dan tingkat validitas antara arus lalu lintas hasil permodelan dengan arus lalu lintas lapangan dapat diketahui. Penelitian ini dilakukan dengan membagi Surakarta menjadi 65 zona dengan 51 zona ditambah dengan 14 zona eksternal. Survai dilakukan pada 29 lokasi, yaitu pada zona internal terdapat 18 lokasi dan pada zona eksternal terdapat 11 lokasi. Estimasi MAT pada tahun penelitian menggunakan software EMME/3. Sedangkan untuk mengestimasi MAT pada tahun 2025 menggunakan Model Gravity batasan bangkitan tarikan pergerakan. Pada Model Gravity terdapat parameter β yang berfungsi sebagai faktor penentu besarnya nilai sebaran yang terjadi di setiap zona. Metode kalibrasi yang digunakan untuk memperoleh parameter β adalah metode Newton-Raphson menggunakan software Excel. Selain itu untuk menghitung bangkitan (Oi) dan tarikan (Dd) perjalanan pada tahun 2025 menggunakan perhitungan growth factor (5%). Uji Validitas menggunakan koefisien Determinasi (R²). Besarnya nilai parameter β yaitu 0,0818, dengan tingkat validitas (R2) sebesar 0,8599. Dari hasil perhitungan dengan bantuan EMME/3, diperoleh total jumlah estimasi distribusi perjalanan angkutan barang Kota Surakarta pada tahun 2025 adalah 7553 smp/jam. Persentase besarnya nilai pergerakan arus lalu lintas angkutan barang tertinggi terjadi pada pergerakan internal ke internal yakni sebesar (43,94%) dengan total pergerakan sebesar 3319 smp/jam. Hal ini memberikan gambaran bahwa kota Surakarta merupakan daerah tarikan dan bangkitan pergerakan angkutan barang.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Teknik Sipil - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 14:17
    Last Modified: 02 Jan 2019 14:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43054

    Actions (login required)

    View Item