Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Pokok Impuls dan Momentum Kelas X MIA SMA Negeri 3 Boyolali

NUGRAHA, NOVANDA ADI (2019) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Materi Pokok Impuls dan Momentum Kelas X MIA SMA Negeri 3 Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (6Kb)

    Abstract

    Novanda Adi Nugraha. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA MATERI POKOK IMPULS DAN MOMENTUM KELAS X MIA SMA NEGERI 3 BOYOLALI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Fisika pada materi pokok Impuls dan Momentum. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif yang didukung data kuantitatif berupa persentase. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Boyolali. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X-MIA 5 dan X-MIA 6. Analisis data dilakukan terhadap 10 siswa dari 67 siswa. Metode observasi, metode tes, dan metode wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Triangulasi data digunakan untuk validasi data, yaitu dengan membandingkan data hasil observasi, data hasil tes, dan data hasil wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Fisika pada materi pokok Impuls dan momentum yaitu kesalahan konsep dan kesalahan tanda yang besarnya sama-sama 98,51%, kesalahan konsep disebabkan siswa bingung dan belum memahami konsep yang ada pada materi Impuls dan Momentum dengan benar, sedangkan kesalahan tanda disebabkan siswa belum memahami bahwa gerak benda mempengaruhi tanda, dan tidak teliti dalam membaca soal. Kemudian kesalahan strategi sebesar 77,61% yang disebabkan penguasaan konsep masih lemah, siswa terbiasa menuliskan jawaban tanpa menuliskan persamaan yang digunakan, dan tidak teliti membaca apa yang ditanyakan pada soal, kesalahan terjemahan sebesar 50,75% yang disebabkan ketidaktelitian siswa membaca petunjuk pengerjaan soal, tidak mengetahui satuan dan simbol dari besaran Fisika yang ada, siswa tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan, dan siswa lupa, kesalahan hitung sebesar 43,28% yang disebabkan siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal sehingga siswa menjadi tidak teliti, dan soal yang tidak direspon sebesar 37% yang disebabkan siswa tidak memahami konsep dan kehabisan waktu untuk menjawab soal. Kata kunci: analisis kesalahan, menyelesaikan soal, Impuls dan Momentum

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 14:14
    Last Modified: 02 Jan 2019 14:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43053

    Actions (login required)

    View Item