Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di Kelas X AP 2 SMKN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

SUCAHYANI, NINA and UNSPECIFIED (2019) Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis di Kelas X AP 2 SMKN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis di SMK Negeri 1 Surakarta melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Head Together (NHT). Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang pada tiap siklus terdiri dari empat tahap; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, (4) dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Head Together (NHT) hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis. Total peningkatan hasil belajar siswa pada tiga aspek, yaitu aspek kognitif sebesar 51,62%, aspek afektif sebesar 48,38%, dan aspek psikomotor sebesar 45,21%. Ketuntasan hasil belajar aspek kognitif pra siklus sebesar 35,48% menjadi 64,52% pada siklus I dan 87,10% pada siklus II. Aspek afektif ketuntasan pra siklus sebesar 41,94% menjadi 67,74% pada siklus I dan 90,32% pada siklus II. Aspek psikomotor persentase ketercapaian pra siklus 45,16% menjadi 74,19% pada siklus I dan 90,32% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 14:12
    Last Modified: 02 Jan 2019 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43052

    Actions (login required)

    View Item