PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X-BKP DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA

L, NATANAEL ADITYA (2019) PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X-BKP DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (177Kb)

    Abstract

    NATANAEL ADITYA LAKSONO. PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X-BKP DI SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Strategi pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dan peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X BKP SMK N 2 Surakarta yang berjumlah 29 siswa dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari penilaian keaktifan belajar siswa dan penilaian kognitif. Uji validitas data menggunakan expert judgement, dan analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pra siklus keaktifan belajar siswa masuk dalam kategori Cukup Aktif dengan nilai 47,88, siklus I masuk dalam kategori Aktif dengan nilai 60,96 dan siklus II masuk dalam kategori Aktif dengan nilai 75,00, artinya strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sedangkan kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, yaitu 6,90%, siklus I sebesar 9,52%, dan pada siklus II presentase ketuntasan siswa sebesar 76,19%, artinya penerapan strategi Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan kognitif siswa. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning, keaktifan belajar, kemampuan kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 02 Jan 2019 14:09
    Last Modified: 02 Jan 2019 14:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43051

    Actions (login required)

    View Item