Studi Tentang Perilku Agresif, Faktor Penyebab, dan Alternatif Pengatasannya Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018

Putri, Kurnia Dewi Eka (2018) Studi Tentang Perilku Agresif, Faktor Penyebab, dan Alternatif Pengatasannya Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sragen Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (30Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kurnia Dewi Eka Putri. K3114030. STUDI TENTANG PERILAKU AGRESIF NON VERBAL, FAKTOR PENYEBAB DAN ALTERNATIF PENGATASANNYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SRAGEN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan perilaku agresif non verbal yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sragen, (2) mengetahui faktor-faktor penyebab siswa tersebut berperilaku agresif non verbal, (3) merumuskan alternatif pengatasan pada perilaku agresif non verbal tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Sragen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah empat peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan pemeriksaan dokumen. Analisis data yang digunakan peneliti terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) wujud konkrit perilaku agresif non verbal adalah berkelahi dengan teman, memukul teman, mencubit teman, dan menjegal teman. (2) faktor penyebab perilaku agresif non verbal adalah pergaulan yang buruk (ikut-ikutan teman), terlalu dikekang orang tua, diejek teman, sulit mengendalikan diri, tidak ingin dianggap lemah, kurang perhatian orang tua, iseng, ingin mencari perhatian teman, dan ingin menunjukkan eksistensi diri. (3) alternatif pengatasannya adalah konseling individual, pemberian nasehat, memberikan pengertian pada orang tua subjek, bimbingan kelompok dengan sosiodrama, dan pembentukan kelompok belajar. Kata Kunci: studi kasus, agresif non verbal, faktor penyebab, alternatif pengatasan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Dec 2018 21:08
    Last Modified: 21 Dec 2018 21:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43037

    Actions (login required)

    View Item