ALAT PENGATUR SUHU DAN KELEMBABAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN PEMANTAU SMARTPHONE ANDROID MELALUI KONEKSI WI-FI

Zainudin, Ibnu (2018) ALAT PENGATUR SUHU DAN KELEMBABAN RUANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN PEMANTAU SMARTPHONE ANDROID MELALUI KONEKSI WI-FI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Kb)

    Abstract

    Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang banyak dijumpai dan banyak dibududayakan oleh para petani karena kandungannya. Diantara kandungannya adalah vitamin C sebanyak 35-58 mg/100 gram serta vitamin B2 sebanyak 4,7-4,9 mg/100 gram pada kondisi kering serta protein nabati sekitar 10-30%. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam membudidayakannya perlu memperhatikan beberapa faktor yaitu suhu dan kelembaban. Dalam perkembangan teknologi di dunia pertanian, terutama budidaya jamur sudah banyak sekali pembuatan model pengatur suhu dan kelembaban untuk mempermudah pengaturan suhu dan kelembaban. Seiring perkembangan teknologi wireless, pengaturan tidak lagi dilakukan secara manual melainkan dengan pengendali jarak jauh. Akan tetapi salah satu penerapannya masih menggunakan biaya dalam transfer data. Pada alat ini menerapkan pengendali secara wireless dengan mikrokontroler Wemos D1 Mini yang dikomunikasikan dengan smartphone android tanpa menggunakan biaya transfer data dengan jangkauan efektif 50 m. DHT11 dengan akurasi ± 0,50 oC dan ± 1,04 %RH digunakan sebagai sensor untuk memantau suhu dan kelembaban yang dapat dipantau melalui smartphone android.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Dec 2018 20:42
    Last Modified: 21 Dec 2018 20:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43032

    Actions (login required)

    View Item