PROSES PEMBELAJARAN KREASI STICKER DENGAN TEKNIK DECAL PRINTING DI KELAS XI SENI BUDAYA SMA NEGERI JUMAPOLO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017 / 2018

BASUKI, GANJAR (2018) PROSES PEMBELAJARAN KREASI STICKER DENGAN TEKNIK DECAL PRINTING DI KELAS XI SENI BUDAYA SMA NEGERI JUMAPOLO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017 / 2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (88Kb)

    Abstract

    Ganjar Basuki. PROSES PEMBELAJARAN KREASI STICKER DENGAN TEKNIK DECAL PRINTING DI KELAS XI SENI BUDAYA SMA NEGERI JUMAPOLO KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran kreasi sticker dengan teknik decal printing dikelas XI Seni Budaya SMA Negeri Jumapolo Karanganyar, (2) Bentuk karya kreasi sticker dengan teknik decal printing siswa kelas XI SMA Negeri Jumapolo Karanganyar dilihat dari prinsip-prinsip seni rupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Bapak Marjuki, S.Pd selaku guru seni budaya dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Karanganyar; serta foto, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji validitas data yang digunakan adalah model analisis mengalir atau flow model of analysis yaitu proses analisis dengan unsur komponen reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kreasi sticker dengan teknik decal printing dilaksanakan dengan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), selanjutnya pembelajaran dilakukan selama empat kali pertemuan dengan penyampaian materi dan proses pembuatan karya yang terdiri dari beberapa tahapan antara lain: proses desain, proses printing, proses pelapisan, proses memotong pola gambar, proses merendam gambar, proses transfer gambar. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan CTL (Contekstual Teaching and Learning) yaitu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif sehingga mampu meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri. Pembelajaran yang dilakukan dengan metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, penugasan. (2) Secara umum bentuk karya kreasi sticker dengan teknik decal printing siswa sudah baik menggunakan prinsip-prinsip dan unsur seni rupa. Kata kunci: Pembelajaran, seni budaya, kreasi, sticker, decal printing.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > ND Painting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Dec 2018 20:33
    Last Modified: 21 Dec 2018 20:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43029

    Actions (login required)

    View Item