PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X MIA-1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO PADA MATERI GERAK HARMONIK

Astuti, Dwi Widiani (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X MIA-1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO PADA MATERI GERAK HARMONIK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Widiani Astuti. K2313018. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X MIA-1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO PADA MATERI GERAK HARMONIK. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kognitif Fisika siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonik dengan menggunakan model pembelajaran POE (predict, observe, explain). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, dan model kolaboratif yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 36 anak. Data diperoleh melalui kajian dokumen, tes tertulis, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, kemampuan berpikir kritis diukur dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu observasi, tes, dan angket. Ketiga instrumen ini berpedoman pada kategori dan indikator yang diungkapkan oleh Ennis, sedangkan untuk kemampuan kognitif menggunakan indikator Anderson dan Krathwohl. Setiap kategori kemampuan berpikir kritis dalam penelitian ini memiliki target skor capaian yang berbeda-beda dengan peningkatan persentase keberhasilan untuk semua kategori sebesar 60 %, sedangkan pada kemampuan kognitif memiliki target ketuntasan sebesar 75 % dari jumlah seluruh siswa. Pada pra siklus, rata-rata persentase keberhasilan untuk semua kategori kemampuan berpikir kritis sebesar 5,6 %. Namun pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata persentase keberhasilan menjadi 45,4 %, dan mengalami kenaikan kembali pada siklus II menjadi 77,4 %. Hasil kemampuan kognitif pada pra siklus memiliki persentase ketuntasan siswa sebesar 31 %, kemudian mengalami kenaikan pada siklus I menjadi 53 %, dan mengalami kenaikan kembali pada siklus II menjadi 78 %. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Gerak Harmonik. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Kognitif, model pembelajaran POE, Gerak Harmonik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Dec 2018 19:42
    Last Modified: 21 Dec 2018 19:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43019

    Actions (login required)

    View Item