Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik tentang Usaha dan Energi Menggunakan Software Learning Content Development System (LCDS)

Pamungkas, Dina Lestari (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronik tentang Usaha dan Energi Menggunakan Software Learning Content Development System (LCDS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (9Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui karakteristik modul pembelajaran elektronik tentang Usaha dan Energi menggunakan software LCDS yang dikembangkan, (2) mengetahui modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria baik atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan, yaitu berdasarkan pada model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan modul pembelajaran elektronik yang dilakukan hanya sampai pada tahap ketiga dari lima tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, dan (3) development. Data yang diperoleh yaitu dari data kualitatif yang didukung oleh data kuantitaif dari angket. Sumber data terdiri dari 2 orang ahli, 3 orang reviewer, 2 orang peer reviewer, dan siswa. Banyaknya siswa yaitu 54 siswa yang terdiri 9 siswa untuk uji coba awal dan 45 siswa untuk uji coba utama. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah : (1) Modul pembelajaran elektronik tentang Usaha dan Energi menggunakan software LCDS yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai berikut: (a) modul pembelajaran dalam bentuk elektronik yang berisi kegiatan pendahuluan yang dilengkapi dengan gambar dan video, kegiatan eksplorasi berupa virtual lab, diskusi, dan praktikum yang dilengkapi dengan animasi, simulasi, serta LKS, rangkuman materi, contoh soal, latihan soal, dan kegiatan evaluasi, (b) materi yang disajikan yaitu Usaha dan Energi, (c) dapat dijalankan pada perangkat komputer dengan dilengkapi Microsoft Silverlight serta aplikasi browser, (d) dapat digunakan dalam mode -online maupun offline baik di dalam maupun di luar jam pembelajaran. (2) Kualitas modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli, reviewer, dan peer reviewer pada aspek materi, tampilan media, dan bahasa menunjukkan bahwa 100% ahli menilai modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria baik, 100% reviewer menilai modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik, 100% peer reviewer menilai modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dan telah layak untuk diujicobakan kepada siswa. Hasil uji coba produk modul pembelajaran elektronik kepada siswa SMA berdasarkan penilaian aspek materi, tampilan media, dan bahasa menunjukkan bahwa 100% siswa menilai modul pembelajaran elektronik yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dan mendapat respon positif dari siswa. Kata kunci: Modul Pembelajaran Elektronik, LCDS, Usaha dan Energi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 21 Dec 2018 19:40
    Last Modified: 21 Dec 2018 19:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43018

    Actions (login required)

    View Item