PERBEDAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN STRATEGI TRUE OR FALSE DAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018

ARUMSARI, CATUR (2018) PERBEDAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN STRATEGI TRUE OR FALSE DAN STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar akuntansi melalui model pembelajaran aktifstrategiTrue Or Falsedan strategi Index Card Match;(2) Mengetahui pembelajaran mana yang lebih signifikan antara pembelajaran dengan strategi True Or Falseatau pembelajaran dengan strategi Index Card Match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental design dengan desain kelompok pretes-postes. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 di SMK 1 Terpadu yang berjumlah masing-masing 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Uji hipotesis menggunakan Paired Samples T Test dan Independent Samples T Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran aktifstrategiTrue Or Falsedan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungn uji perbedaan rata-rata data pretes-postes pada kelompok True Or False dengan nilai 0,000 dan kelompok Index Card Match dengan nilai 0,000 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar akuntansi siswa pada kedua kelompok. Kedua pembelajaran menunjukan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata postes pada kelompok True Or Falsedan kelompok Index Card match dengan nilai 0,455 yang berarti tidak signifikan sehinggakedua metode ini sama-sama dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 21:09
    Last Modified: 20 Dec 2018 21:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43010

    Actions (login required)

    View Item