PENGARUH MODEL INSTAD TERHADAP BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 7 SURAKARTA

PUTRA, BARTOLOMEUS KRISTI BRAHMANTIA (2018) PENGARUH MODEL INSTAD TERHADAP BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SIRKULASI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 7 SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (138Kb)

    Abstract

    Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model INSTAD dibandingkan dengan inkuiri terbimbing, STAD dan konvensional terhadap keterampilan berpikir kritis, pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis, dan interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasieksperiment Pre and Posttest non equivalent design dengan desain faktorial 2x4. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri di Surakarta.. Sampel populasi penelitian adalah empat kelas XI-MIPA SMA Negeri di Surakarta. Keempat kelas sampel telah dipilih dengan metode intact group, di mana kelas sampel dipilih secara acak setelah melewati uji kesetaraaan dan uji beda. Para peserta di masing-masing kelas sampel dikelompokkan ke dalam dua kategori: kemampuan akademik atas (AA) dan kemampuan akademik bawah (AB). Pengklasifikasian kemampuan akademik peserta didik didasarkan pada nilai Ujian Sekolah yang kemudian dilakukan uji beda untuk setiap kelompok AA dan AB. Intrument yang digunakan untuk mendapatkan nilai berpikir kritis adalah tes essai yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis facione. Uji validitas instrument dilakukan melalui analisis pakar. Tiga ahli yang terlibat dalam pengujian apakah penilaian ini yaitu ahli untuk mengukur kesesuaian indikator kemampuan berpikir kritis, ahli kesesuaian dengan materi sistem sirkulasi, dan ahli instrument pembelajaran. Hasil analisis ahli menunjukan indeks validitas 3,80 tergolong sangat tinggi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Anakova dengan taraf signifikansi 5% dengan skor prestest sebagai kovariatnya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu, (1) Model INSTAD, Inkuiri, STAD dan Konvensional berpengaruh nyata terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik XI MIPA SMA. Model INSTAD paling berpotensi meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik XI MIPA SMA; (2) Kemampuan akademik peserta didik berpengaruh nyata terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik XI MIPA SMA. Peserta didik dengan kemampuan akademik atas memiliki kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih tinggi dibandingkan kemampuan akademik bawah; (3)Ada interaksi antara model pembelajaran INSTAD, Inkuiri, STAD, dan konvensional dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik XI MIPA SMA. Interaksi Model INSTAD pada kemampuan akademik atas paling tinggi dibandingkan interaksi model dan kemampuan akademik yang lain

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 21:02
    Last Modified: 20 Dec 2018 21:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43007

    Actions (login required)

    View Item