Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Discovery Learning disertai Teknik Probing Prompting pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali

UMAM, AZHAR (2018) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Discovery Learning disertai Teknik Probing Prompting pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (158Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Azhar Umam. K2313012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Model Discovery Learning disertai Teknik Probing Prompting pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali pada materi pokok Momentum, Impuls dan Tumbukan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan model Discovery Learning disertai teknik Probing Prompting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 38 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan wawancara. Target penelitian yang ingin dicapai adalah peningkatan presentase keberhasilan pada setiap aspek kemampuan berpikir kritis minimal 20% dari prasiklus dari jumlah keseluruhan siswa di kelas yang mendapat nilai > 60. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika menggunakan model Discovery Learning disertai teknik Probing Prompting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Aspek kemampuan berpikir kritis hasil observasi yang mengalami peningkatan keberhasilan paling banyak adalah Basic Support sebesar 24 % dari Prasiklus yang teramati pada langkah Data Collection dan aspek dengan tingkat keberhasilan tertinggi dicapai oleh Advanced Clarification sebesar 75 % yang teramati pada langkah Data Processing, kedua langkah tersebut termasuk dalam tahapan memberikan kesempatan merumuskan jawaban atas permasalahan dengan metode tertentu. Sedangkan hasil tes menunjukkan aspek Strategies and Tactics mengalami peningkatan paling banyak sebesar 26 % dari Prasiklus dan aspek dengan tingkat keberhasilan tertinggi dicapai oleh aspek Inference sebesar 63 %. Kata kunci: Discovery Learning, Probing Prompting, kemampuan berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 20:57
    Last Modified: 20 Dec 2018 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/43005

    Actions (login required)

    View Item