PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI TERTULIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA SMA NEGERI KARANGPANDAN

ANUGRA, ANNISA DHIMAR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI TERTULIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA SMA NEGERI KARANGPANDAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (82Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Annisa Dhimar A. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI TERTULIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA SMA NEGERI KARANGPANDAN. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan contextual teaching learning (CTL) terhadap keterampilan argumentasi tertulis ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMA Negeri Karangpandan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan desain non-equivalen control group dengan pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster sampling. Pembelajaran dilaksanakan pada dua kelas dengan menerapkan model discovery learning dan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan contextual teaching learning (CTL). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data dibantu dengan SPSS 21. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan contextual teaching learning (CTL) terhadap keterampilan argumentasi tertulis ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMA Negeri Karangpandan. Kata kunci: keterampilan argumentasi tertulis, discovery learning, contextual teaching learning.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 20:36
    Last Modified: 20 Dec 2018 20:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42996

    Actions (login required)

    View Item