PENGARUH PENAMBAHAN SERAT LIMBAH BANNER TERHADAP KUAT TARIK DAN SORPTIVITY BETON SERAT PASCA BAKAR SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON

K, ANDYSTY A (2018) PENGARUH PENAMBAHAN SERAT LIMBAH BANNER TERHADAP KUAT TARIK DAN SORPTIVITY BETON SERAT PASCA BAKAR SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (257Kb)

    Abstract

    Andysty Andrianingrum K. “PENGARUH PENAMBAHAN SERAT LIMBAH BANNER TERHADAP KUAT TARIK DAN SORPTIVITY BETON SERAT PASCA BAKAR SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR MATA KULIAH TEKNOLOGI BETON”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2018. Tujuan penelitian adalah, (1) mengetahui pengaruh penambahan serat limbah banner dengan variasi panjang serat 3 cm, 6 cm dan 9 cm dan variasi suhu pembakaran 2000C, 3000C dan 4000C terhadap nilai kuat tarik belah beton, (2) mengetahui pengaruh penambahan serat limbah banner dengan berbagai variasi panjang serat dan berbagai variasi suhu pembakaran terhadap nilai sorptivity beton, (3) mengetahui nilai kuat tarik beton serat maksimal yang dihasilkan dari penambahan serat limbah banner dengan berbagai variasi dan pada berbagai variasi suhu pembakaran, (4) mengetahui tingkat sorptivity beton serat minimal yang dihasilkan dari penambahan serat limbah banner dengan berbagai variasi dan serat pada berbagai variasi suhu pembakaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif experimen dan teknik analisa data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Variabel yang memperbedakan dalam penelitian adalah (1) variabel terikat: kuat tarik belah dan sorptivity beton serat, (2) varibel bebas: panjang serat 3 cm, 6 cm dan 9 cm dengan suhu pembakaran 2000C, 3000C dan 4000C. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, (1) pada suhu 300 oC dan 400 oC dengan seluruh variasi panjang serat banner mengakibatkan penurunan nilai kuat tarik belah beton, (2) pada sorptivity awal beton pembakaran suhu 300 oC dan penambahan panjang serat limbah banner 3 cm, 6 cm dan 9 cm serta pada suhu 400 oC dan penambahan panjang serat limbah banner 6 cm mengakibatkan peningkatan nilai sorptivity awal beton yang melebihi standar, (3) nilai kuat tarik belah beton maksmimal terdapat pada penambahan serat limbah banner dengan variasi panjang serat 6 cm pada suhu pembakaran 200oC sebesar 4,815 MPa, (4) nilai sorptivity minimal terdapat pada penambahan serat limbah banner dengan variasi panjang serat 9 cm pada suhu pembakaran 300 oC sebesar 3,33 x 10-4 mm/sec1/2 yaitu pada pengujian sorptivity sekundernya. Kata Kunci: serat limbah banner, pasca bakar, kuat tarik belah, sorptivity beton.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 20:19
    Last Modified: 20 Dec 2018 20:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42992

    Actions (login required)

    View Item