Penerapan Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Lambang Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 20 Pajang Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018

YUGOWATI, AMINAH (2018) Penerapan Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Lambang Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah 20 Pajang Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Kb)

    Abstract

    Aminah Yugowati. K8114002. PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TK AIYIYAH 20 PAJANG SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemapuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah 20 Pajang Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah 20 Pajang Surakarta tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah anak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada setiap siklus. Persentase ketuntasan prasiklus 40%, yaitu pada indikator menyebutkan lambang bilangan 1-10, sebanyak 12 anak mendapatkan nilai tuntas. Kemudian pada indikator mencocokan bilangan dengan lambang bilangan, sebanyak 8 anak yang mendapatkan nilai tuntas. Kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus satu mencapai 56%, yaitu pada indikator menyebutkan lambang bilangan 1-10, sebanyak 19 anak mendapatkan nilai tuntas, hal ini menunjukkan bahwa anak peningkatan nilai pada 7 anak. Indikator mencocokan bilangan dengan lambang bilangan, nilai ketuntasan anak sebanyak 12 anak, hal ini menunjukkan peningkatan dari prasiklus yaitu sebanyak 5 orang anak. Setelah dilakukan tindakan pada siklus dua meningkat menjadi 80% yaitu pada indikator menyebutkan lambang bilangan 1-10, sebanyak 20 anak mendapatkan nilai tuntas, ada peningkatan dari siklus I yaitu sebanyak 2 anak. Indikator mencocokan bilangan dengan lambang bilangan, anak yang tuntas sebanyak 19 anak, terdapat peningkatan yaitu sebasar 7 anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah TGT dapat meningkatkan kemampuan lambang bilangan anak usia 5-6 tahun TK Aisyiyah 20 Pajang Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), kemampuan kognitif , lambang bilangan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 20:16
    Last Modified: 20 Dec 2018 20:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42991

    Actions (login required)

    View Item