PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DAN AKTIVITAS BELAJAR

ROHMAH, AMALIA (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DAN AKTIVITAS BELAJAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (83Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Amalia Rohmah. PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) DAN AKTIVITAS BELAJAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2018. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1)Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa XI PM SMK Batik 2 Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division. (2)Untuk meningkatkan efikasi diri siswa XI PM SMK Batik 2 Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Division. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan menggunakan metode kooperatif tipe STAD. Penelitian ini berlokasi di SMK Batik 2 Surakarta. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode kooperatif tipe STAD terjadi suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga aktivitas belajar dan efikasi diri siswa meningkat. Hasil dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan efikasi diri yaitu 62.60% menjadi 80.86%, dan aktivitas belajar dari 70.64% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84.77%. Disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan efikasi diri dan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: efikasi diri, aktivitas belajar, metode kooperatif tipe STAD

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 20:14
    Last Modified: 20 Dec 2018 20:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42990

    Actions (login required)

    View Item