PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL BARATAYUDA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN KEPEMIMPINAN SISWA

RACHMADHANY, WENDHY (2018) PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL BARATAYUDA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI LISAN DAN KEPEMIMPINAN SISWA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (645Kb)

    Abstract

    Wendhy Rachmadhany. S861602033.(2017). Penerapan Model PBL Dengan Media Audio Visual Baratayuda Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Dan Kemampuan Komunikasi Lisan Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sunardi, MSc,. Pembimbing II: Dr. Leo Agung S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan model PBL dengan media audiovisual Baratayuda dalam pembelajaran Sejarah dapat meningkatkan sikap kepemimpinan siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Pare Kabupaten Kediri (2) Mengetahui penerapan model PBL dengan media audiovisual Baratayuda dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan kemampuan komunikasi lisan siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Pare Kabupaten Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Pare Kabupaten Kediri Penelitian ini memiliki 3 siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari beberapa tahap seperti perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara non test yaitu berupa angket kepemimpinan dan form kemampuan komunikasi lisan siswa. Pada pelaksaan penelitian ini, pembelajaran sejarah difokuskan terhadap materi kerajaan-kerajaan besar di Indonesia pada zaman Hindhu-Budha yang memfokuskan pada pemecahan masalah tentang runtuhnya kerajaan-kerajaan besar Indonesia pada era Hindhu-Budha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan media audiovisual Baratayuda dalam pembelajaran sejarah memberikan dampak yang positif dan signifikan untuk meningkatkan sikap kepemimpinan serta kemampuan komunikasi lisan siswa kelas XI IPS 1 SMA 1 Pare, Kabupaten Kediri. Hasil angket sikap kepemipinan dan form kemampuan komunikasi lisan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sikap kepemimpinan dan kemampuan komunikasi lisan siswa Pre test menunjukkan bahwa sikap kepemimpinan dengan ketercapaian indikator klasikal 17,95% atau sangat rendah. Sedangkan kemampuan komunikasi lisan ketercapaian indikator kemampuan komunikasi lisan siswa menunjukkan 7,6% atau sangat rendah. Siklus I menunjukan suatu peningkatan dengan prosentase ketercapaian indikator sikap kepemimpinan menunjukkan 46,1% atau katagori sedang, pada kemampuan komunikasi lisan nilai kategori sikap kepemimpinan menunjukkan prosentase ketercapaian indikator 37,03% atau masih rendah. Siklus II kembali menunjukkan peningkatan sikap kepemimpinan dengan prosentase ketercapaian indikator klasikal 71,83% yang menunjukkan sikap kepemimpinan tinggi. Kemampuan komunikasi lisan meningkat dengan prosetase 69% menunjukkan kategori tinggi. Pada Siklus III kembali menunjukkan peningkatan dengan ketercapaian indikator klasikal 87,183% sekaligus menunjukkan kategori sikap kepemimpinan sangat tinggi. Pada Siklus III kemampuan komunikasi lisan siswa menunjukkan prosentase ketercapaian indikator klasikal sebesar 98,03% atau sangat tinggi. Kata Kunci: PBL, Media audio visual Baratayuda, pembelajaran sejarah, sikap kepemimpinan dan kemampuan komunikasi lisan. vii

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 20:06
    Last Modified: 20 Dec 2018 20:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42987

    Actions (login required)

    View Item