IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TIPE PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN KR-CHART UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Pavita, Vashti Dea (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TIPE PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN KR-CHART UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (12Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Vashti Dea Pavita. K3314052. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TIPE PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN KR-CHART UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kreativitas siswa pada materi larutan penyangga kelas X IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 dengan implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart, dan (2) prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas X IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018 dengan implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA N 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, tes, dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart dapat meningkatkan kreativitas siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas X IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa sebesar 32% pada prasiklus. Pada siklus I ketercapaian kreativitas siswa sebesar 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 79%. (2) Implementasi pembelajaran Inkuiri Terbimbing tipe Pictorial Riddle berbantuan KR-Chart dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga kelas X IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun pelajaran 2017/2018. Ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 60% pada siklus I dan meningkat menjadi 84% pada siklus II. Ketercapaian aspek sikap siswa sebesar 92% pada siklus I dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 87%. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, pictorial riddle, KR-Chart, kreativitas, prestasi belajar, larutan penyangga.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 15:50
    Last Modified: 20 Dec 2018 15:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42985

    Actions (login required)

    View Item