PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI DAKON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN KARIER BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Irawan, Tb. Moh Irma Ari (2018) PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI DAKON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN KARIER BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (90Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tubagus Mohammad Irma Ari Irawan. K3114050. PENGEMBANGAN PERMAINAN SIMULASI DAKON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERENCANAKAN KARIER BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Prototipe-2 Permainan Simulasi Dakon untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Karier bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan permainan simulasi Dakon ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengacu pada model penelitian Borg and Gall (1983). Prosedur yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan sampai tahap uji validitas ahli dan revisi produk, sedangkan untuk uji kepraktisan dan uji keefektifan direkomendasikan untuk dilakukan bagi peneliti selanjutnya. Kegiatan pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan studi literatur dan memberikan angket uji validitas kepada subjek uji ahli yang terdiri dari ahli media BK dan ahli desain. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil angket kebutuhan peserta didik yaitu dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Sedangkan untuk mengolah hasil uji validitas ahli peneliti menggunakan analisis inter-rater agreement model. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan prototipe-2 Permainan Simulasi Dakon untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Karier bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas (SMA) dan (2) berdasarkan hasil analisi uji validitas ahli yang dilakukan oleh ahli media BK dan ahli desain menunjukkan bahwa indeks hasil uji ahli media BK sebesar 0,63 (tinggi) dan indeks hasil uji ahli desain sebesar 0,87 (sangat tinggi). Berdasarkan hasil validasi produk yang telah dilakukan oleh ahli media BK dan ahli desain dapat disimpulkan bahwa prototipe yang telah dikembangkan sudah sesuai yang diharapkan. Sehingga pengembangan prototipe-2 permainan simulasi Dakon untuk meningkatkan keterampilan merencanakan karier layak untuk digunakan dalam menunjang pemberian layanan BK di sekolah SMA. Kata Kunci : Perencanaan Karier, Permainan Simulasi, Dakon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 15:19
    Last Modified: 20 Dec 2018 15:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42981

    Actions (login required)

    View Item