PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS (TEXT BASED LEARNING)

BUDIYONO, SRI (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS (TEXT BASED LEARNING). PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (92Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sri Budiyono, NIM T841208007. Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Membaca dengan Pembelajaran Berbasis Teks (Tex Based Learning). Disertasi. Promotor: Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.; Kopromotor I: Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.; Kopromotor II: Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum. Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kondisi buku ajar keterampilan membaca untuk para siswa di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Karanganyar dan mendeskripsikan kebutuhan buku ajar keterampilan membaca tingkat SMP di Kabupaten Karanganyar; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan kebutuhan buku ajar keterampilan membaca berbasis teks untuk jenjang SMP di Kabupaten Karanganyar; 3) mendeskripsikan dan menjelaskan pengembangan buku ajar keterampilan membaca berbasis teks untuk jenjang SMP; 4) menguji keefektifan buku ajar keterampilan membaca dengan pendekatan pembelajaran berbasis teks (text based learning) di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Karanganyar berdasarkan tanggapan stake holder? Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan (Researh and Development/R&D). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling (area random sampling) yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan area (wilayah). Wilayah tersebut meliputi empat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Karanganyar. Adapun sampel penelitiannya adalah: SMP Negeri 1 Colomadu, SMP Negeri Colomadu 2, SMP Muhammadiyah 9 Jaten, dan SMP Negeri 1 Karangpandan. Langkah kerjanya menggunakan empat langkah, yaitu; (1) tahap eksplorasi, (2) tahap pengembangan model, (3) tahap pengujian model, dan (4) tahap diseminasi. Pendekatan penelitian yang dilakukan melalui kajian dokumen, observasi, wawancara, dan angket, sedangkan analisis datanya dengan menggunakan analisis model interaktif. Untuk pengujian model menggunakan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku ajar yang digunakan sebelum dilakukan penelitian, belum sesuai dengan kebutuhan, baik pada guru maupun siswa; (2) Pada tahap pengembangan, penelitian ini menghasilkan prototipe yang yang ditetapkan sebagai dua buku ajar keterampilan membaca berbasis teks untuk guru dan siswa; (3) Hasil uji efektivitas dengan uji anava satu jalan menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol 1, 2, dan 3. Kelayakan buku ajar keterampilan membaca berbasis teks, dinilai dengan skala 5, berdasarkan pendapat stake holder pada konponen: (a) isi: 4,91; (b) kesesuaian tema: 4, 75; (c) metodologi: 4,58; (d) keterbacaan: 4,83; (e) grafika: 4,75; (f) motivasi: 4, 91; (g) tampilan: 5. (4) Simpulan hasil tahap pengujian model dengan uji anava satu jalur menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan buku ajar keterampilan membaca berbasis teks menghasilkan nilai yang efektif bila dibandingkan dengan model pembelajaran dengan menggunakan buku yang biasa dipakai. Kata kunci: pengembangan, buku ajar, keterampilan membaca, berbasis teks ABSTRACT Sri Budiyono, NIM T841208007. 2017. Development of Textbooks of Reading Skills with Text-Based Learning. Dissertation. Advisors: Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M. Pd . (Promotor); Prof. Dr. St. Y. Slamet, M. Pd. (Co-Promoter I) ; Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum. (Co-Promoter II). Doctoral Program of Indonesian Language Education, Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, Surakarta. This research aims to: 1) describe the condition of textbook reading skill for students in Karanganyar District Junior High School and describe textbook reading skill of junior high school level in Karanganyar Regency; 2) to describe and explain the need for text-based text reading books for junior high schools in Karanganyar District; 3) to describe and explain the development of textbooks of text-based reading skills for junior high school level; 4) examine the effectiveness of reading textbooks with text-based learning approach at Junior High School in Karanganyar District based on stakeholder responses? This research uses research and development design (Researh and Development / R & D). Sampling is done by using cluster random sampling technique (area random sampling) that is sampling technique based on area (region). The region includes four Junior High Schools in Karanganyar District. The research sample are: SMP Negeri 1 Colomadu, SMP Negeri Colomadu 2, SMP Muhammadiyah 9 Jaten, and SMP Negeri 1 Karangpandan. Steps work using four steps, namely; (1) exploration stage, (2) model development stage, (3) model testing stage, and (4) dissemination stage. The research approach is done through document review, observation, interview, and questionnaire, while data analysis using interactive model analysis. For model testing using experiment. The results showed that: (1) textbooks used before the research, not in accordance with the needs, both in teachers and students; (2) In the development stage, this study produces a prototype that is defined as two textbooks of text-based reading skills for teachers and students; (3) The effectiveness test result with one way anava test shows that there is significant difference of value between the experimental group and the control group 1, 2, and 3. The eligibility of the text-based reading textbook, assessed on a scale of 5, based on stakeholder opinion on the constituents : (a) content: 4.91; (b) the suitability of the theme: 4, 75; (c) methodology: 4.58; (d) Readability: 4.83; (e) graphics: 4.75; (f) motivation: 4, 91; (g) display: 5. (4) Conclusions of the results of the model testing phase with one way anava test showed that learning by using text-based reading textbooks produces an effective value when compared with the learning model using a commonly used book. Keywords: development, text book, reading skill, text-based learning

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pascasarjana
    Pascasarjana > Magister
    Pascasarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Fransiska Meilani f
    Date Deposited: 20 Dec 2018 15:16
    Last Modified: 20 Dec 2018 15:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/42980

    Actions (login required)

    View Item